Mau Tagihan Listrik Berkurang? Lakukan Ini!



Pusing dengan tagihan listrik setiap bulan? Mau matiin AC terus lanjut matikan lampu, telivisi, atau tidak usah gunakan kulkas? Aduh kayaknya terlalu extreme untuk lakukan itu semua yang ada kalian malah setress, lalu bagaimana caranya?

Yuk lakukan dari hal - hal kecil ini, karena kalian tidak menyadari kalau hal kecil ini malah yang paling sering kalian gunakan loh, gak menutup kemungkinan hal kecil ini malah buat tagihan listrik kalian membengkak.

Apa saja solusinya?

1. Penghematan Dari Penggunaan AC

Beberapa orang sering mematikaan AC pada saat meninggalkan ruangan itu, namun sebenarnya yang salah dari hal ini adalah saat kalian datang keruangan kalian nyalakan, saat kalian keluar ruangan kalian matikan dan dilakukan terus menerus hal saat mematikan dan menyalakan AC inilah yang membuat tagihan listrik kamu lumayan membengkak.Solusinya AC dinyalakan satu jam sebelum digunakan. Dengan suhu 24 atau 25 derajat saja, maka ruangan akan terasa dingin.

Sesungguhnya setiap kita menurunkan satu derajat pada suhu AC maka penggunaan daya listrik dari alat ini akan bertambah sebanyak 6% jadi misalkan kita menyalakan AC pada suhu 25 derajat kemudian langsung diturunkan menjadi 17 derajat maka akan ada penuruhan suhu sebanyak 8 derajat. Jika menurut perhitungan maka akan ada penambahan penggunaan daya listrik sebanyak 48% yang tentunya sangat membebani.

2. Penghematan Penggunaan TV

Tahukah kamu apabila televisi dalam keadaan mati namun kabel tetap tercolok maka TV tersebut masih tetap menggunakan daya listrik sampai sebesar 80% dari jika TV dinyalakan powernya. Tentunya hal ini berpengaruh sangat besar terhadap tagihan listrik Anda setiap bulannya. Karena itu melakukan hal sepele ini bisa bikin tagihan listrik Anda berkurang dengan cara mencabut kabel TV setiap Anda selesai menggunakannya. Jika tidak mau repot bisa pula Anda menggunakan colokan dengan tombol switch off seperti yang banyak dijual saat ini.

 3. Penghematan Dari Cahrger HP

Anda malas untuk mencabut charger HP dan terus membiarkannya tersambung pada colokan. Padahal charger HP memiliki kumparan di dalamnya sehingga walaupun alat ini tidak tersambung ke HP, namun ia akan tetap menyerap sebesar 30% daya listrik. Disinilah hal sepele ini bisa bikin tagihan listrik Anda berkurang dengan cara mencabut charger HP setiap Anda selesai menggunakannya sehingga tidak ada lagi daya listrik yang terbuang percuma.

Sumber

0 comments:

Post a Comment