13 Orang Indonesia yang Sukses Tanpa Ijazah!

Kalian minder karena tidak memiliki Ijazah? Pada umumnya orang - orang berlomba untuk mendapatkan ijazah, namun tahukah kalian tidak semua orang tidak berijazah tidak akan menjadi sukses. Namun ilmu pengetahuan harus kalian miliki sepanjang hidup kalian ya! Mungkin daftar orang - orang ini dapat menginspirasi kalian dengan kesuksesan yang mereka alami masing - masing :

1. Andi F. Noya
 
 
Andi F. Noya merupakan lulusan sekolah teknik Jayapura tetapi lebih menyukai dunia tulis menulis dan karikatur sehingga dia mendedikasikan hidupnya kedalam dunia itu. Sekarang dia menjadi duta baca Indonesia dan bekerja sebagai pimpinan redaksi Metro TV meskipun tidak mengantongi ijazah sarjana.
 
2. Abdullah Gymnastiar
 
 
Abdullah Gymnastiar merupakan tokoh agama yang sangat terkenal karena dakwahnya dan kasus poligami yang dilakukannya. Selain menjadi tokoh agama, dia juga menjadi wirausaha sukses dan mampu membuka banyak usaha yang menyerap banyak tenaga kerja.
 
3. Adam Malik
 
 
Adam Malik adalah mantan menteri luar negeri pada zaman pemerintahan presiden Soeharto yang tidak mempunyai ijazah sarjana. Dia menempuh pendidikan di Bukittinggi tetapi tidak selesai karena harus pulang kekampung untuk membantu orang tuanya.
 
4. M. H. Ainun Najib
 
 
M. H. Ainun Najib merupakan seorang tokoh yang sangat terkenal dalam perlawanannya dengan pemerintah. Dia pernah mengenyam pendidikan tinggi di UGM tetapi berhenti pada semester ketiga karena aksi demonya melawan pemerintah.
 
5. Bob Sadino
 
 
Bisakah menjadi orang sukses tanpa ijazah? tentu saja bisa contohnya Bob Sadino. Dia menolak untuk kuliah dan malah menghabiskan banyak harta warisan keluarganya untuk keliling dunia kemudian bekerja di Belanda selama 9 tahun. Setelah berhasil di Belanda dia kembali ke Indonesia dan mulai untuk berwirausaha.
 
6. Ajip Rosidi
 
Ajip Rosidi merupakan seorang dosen luar biasa di Universitas Padjajaran dan bahkan telah menjadi guru besar tamu di Jepang. Dia menolak mengikuti ujian akhir sekolah dan menekuni hobinya menulis sehingga dapat menghasilkan banyak buku.
 
7. Purdi E. Chandra
 
 
Purdi E. Chandra merupakan pengusaha pemilik bimbingan belajar Primagama. Dia pernah mengenyam pendidikan tinggi di UGM dan IKIP Yogya dengan 4 jurusan berbeda tetapi tidak tamat sehingga tidak mengantongi ijazah sarjana.
 
8. Andrie Wongso
 
Andrie Wongso merupakan pengusaha sukses asal Malang dan sekarang dia juga berprofesi sebagai motivator. Pengusaha ini tidak tamat pendidikan sekolah dasar karena sekolah tempatnya belajar ditutup. Dia terlahir dari keluarga miskin sehingga harus membantu keluarganya untuk berjualan kue ke pasar dan toko-toko.
 
9. Hendy Setiono
 
 
Kisah orang sukses di Indonesia selanjutnya adalah Hendy Setiono yang merupakan seorang pengusaha kebab yang telah memiliki 140 outlet yang tersebar diseluruh Indonesia. Dia mengawali usahanya pada tahun 2003 dengan sebuah gerobak bermodal 10 juta rupiah.
 
10. Buya Hamka
 
 
Buya Hamka adalah seorang tokoh agama, aktivis politik, dan penulis yang sangat terkenal di Indonesia. Dia mendapat pendidikan formal hanya di sekolah dasar saja kemudian melanjutkan untuk mendalami ilmu agama.
 
11. Basrizal Koto
 
 
Basrizal Koto adalah pengusaha sukses asal kampong Ladang dan tidak tamat pendidikan sekolah dasar, namun sekarang dia memiliki 15 usaha besar di Riau.
 
12. Liem Sioe Liong
 
 
Liem Sioe Liong adalah pengusaha sukses yang telah memiliki 40 perusahaan di Indonesia, salah satunya adalah Indosiar dan BCA.
 
13. Soeharto
 
 
Soeharto merupakan salah satu presiden Indonesia yang menjabat paling lama diantara presiden lainnya. Dia mengenyam pendidikan terakhir hanya sampai pendidikan menengah pertama yaitu sekolah HBS pada zaman Belanda.
 
 Sumber
 
 
 
 
 
 
 
 

3 comments:

  1. Salahnya kita pendidikan dijadikan mencari ijazah dan melamar pekerjaan yang pada akhirnya keluar dari tujuan semula yakni jadi orang yang berilmu contohnya pada point yang ke 7 yakni Purdi E, Chandra pemilik, primagama seandainya beliau tau pentingnya ilmu keuangan mungkin hari ini beliau terjatuh dalam lilitan hutang yang besar

    ReplyDelete
  2. M. H. Ainun Najib merupakan seorang tokoh yang sangat terkenal dalam perlawanannya dengan pemerintah??? apa ini maksudnya..???

    ReplyDelete
  3. Saat ini orang tua cenderung...berfikir. bahwa sedari kecil anak tuh harus dpt pendidikan formal yg paling baik..bahkan anak hrs sklh dri pagi sampe sore..tp kita tdk pernah tahu atau mau cb tau..apa passion dan kemampuan anak kita yg sesungguhnya..dia di push dan di beri pressure untuk hrs bs berprestasi..di tuntut dpt nilai bagus..ketika nilai jelek di marahi..cb tnya sm diri kita..terlepas pendidikan formal itu emang penting...tp hrs membunuh keceriaan dan masa kecil anak kita jg bkn lah hal yg baik..anak cenderung mnjadi introvet dan murung...biar lah mereka menemukan passion dan bakat mereka..kita bantu mereka untuk newujudkannya

    ReplyDelete